Portugal UEFA Nations League, Cristiano Ronaldo Seketika Lemas

Portugal UEFA Nations League, Cristiano Ronaldo Seketika Lemas

Portugal UEFA Nations League, Cristiano Ronaldo Seketika Lemas

Portugal UEFA Nations League, Cristiano Ronaldo Seketika Lemas
Portugal UEFA Nations League, Cristiano Ronaldo Seketika Lemas

Hasil Pertandingan Portugal vs Spanyol – Portugal UEFA Nations League menderita kekalahan 1-0 mengecewakan dari Spanyol yang memungkinkan Iberia mencuri posisi teratas menuju final. Selecao menciptakan semua peluang berkualitas di Braga. Sebelum 15 menit terakhir yang membawa bencana membuat mereka mundur.

Pukulan mematikan datang ketika Alvaro Morata melakukan konversi dari jarak dekat. Cristiano Ronaldo tidak mampu menyelamatkan timnya dengan peluang terakhir dalam pertandingan tersebut. Spanyol membenarkan reputasi mereka sejak awal, memonopoli kepemilikan bola dan mencoba peluang mereka dari pergantian Joao Cancelo.

Pablo Sarabia membuat ruang sebelum melihat tembakannya terblok. Nuno Mendes menikmati banyak bola di Braga tetapi pada kesempatan langka Portugal mendapatkan kembali penguasaan bola. Mereka tidak mampu mempertahankan tekanan serius. Ruben Neves lebih dulu memaksakan penyelamatan pada menit ke-25. Ia mencoba peruntungannya dari jarak jauh yang membuat Unai Simon beraksi.

Portugal UEFA Nations League, Tuan Rumah Gagal Mendominasi Permainan

Nasib sial melanda Portugal UEFA Nations League saat melakoni laga terakhir sebagai tuan rumah. Portugal ceroboh dalam memimpin hingga babak pertama, sering memberikan bola mereka sendiri walau Spanyol tidak dapat memanfaatkan maksimal. Selecao terus menciptakan peluang, namun Jota merampok Dani Carvajal dan membuka keunggulan.

Jota memberi umpan kepada Ronaldo yang memaksa penyelamatan penting dari Simon. William melihat tembakannya terblok saat Selecao terus mendominasi. Carvaljal mendapat kartu kuning karena mencegah Jota menerobos. Cristiano Ronaldo memiliki peluang setelah Fernandes dan Jota bergabung. Tetapi ia terlalu lama untuk menembak yang mencerminkan dampaknya sepanjang pertandingan.

Baca Juga: Denmark UEFA Nations League, Libas Ayam Jago Prancis

Memasuki babak pertama, tak banyak peluang berbahaya kedua tim hasilkan. Kala itu Portugal dan Spanyol terlihat sama-sama menghindari risiko lebih tinggi dalam laga ini. Kedua tim lebih memilih menjaga  kedalaman lini pertahanan demi menghindari kebobolan. Lantaran pertandingan tersebut, merupakan bentrokan terpenting bagi Portugal dan Spanyol.

Sebab hasil kemenangan tersebut membawa mereka melaju ke putaran final Nations League. Pada menit ke-21, Portugal berhasil menciptakan peluang emas melalui aksi Cristiano Ronaldo. Hanya saja peluang tersebut tidak bisa menjadi gol, lantaran pergerakan Diogo Jota dianggap lebih dulu melakukan pelanggaran.

Baca Juga: Kroasia UEFA Nations League, Lolos Final Bareng Belanda

Spanyol tidak mau menyerah, mereka semakin mendominasi penguasaan bola sepanjang babak pertama. Hanya saja tak ada serangan membahayakan pada area lini pertahanan lawan Portugal. Namun pola permainan tim asuhan Luis Enrique, terbilang cukup efektif merepotkan para pemain Portugal. Akibatnya tuan rumah tak bisa melakukan serangan balik ke jantung pertahanan tim tamu.

Percobaan Portugal Gagal Mencuri Angka Babak Kedua Nations League

Portugal mencoba mencuri angka pada babak kedua, Cristiano Ronaldo lagi-lagi memperoleh kesempatan untuk memecah kebuntuan. Namun sangat disayangkan, tembakan striker Manchester United itu masih mampu termentahkan oleh Unai Simon. Meskipun demikian, pemain berusia 37 tak pernah menyerah dalam menjebol gawang Spanyol. Ia terus berusaha keras untuk bisa mencetak gol demi membawa Portugal lolos ke putaran final UEFA Nations League Fase Grup A musim ini.

Cristiano Ronaldo beberapa kali mendapatkan peluang untuk mencetak gol. Namun, kali ini nampaknya bukan hari keberuntungan CR7. Sehingga skor masih 0-0 hingga menit ke-87. Namun menit ke-88 Alvaro Morata sukses membuat para suporter setia tuan rumah terdiam. Permainan striker Atletico Madrid itu berhasil mencetak gol untuk Spanyol.

Gol tersebut berawal dari crossing yang Nico Williams sundul mengarahkan bola ke depan gawang. Alhasil skor berubah menjadi 1-0 untuk kemenangan skuat Spanyol. Sementara Portugal yang tertinggal 1-0 dari Spanyol, berusaha keras untuk bisa menyamakan kedudukan. Nyatanya usaha yang para pemain Portugal lakukanmasih tak membuahkan hasil. Sehingga kedudukan 1-0 bertahan hingga pertandingan usai.

Alvaro Morata Pahlawan Kemenangan Spanyol

Hasil kemenangan tersebut membuat Spanyol sukses menyalip Portugal pada klasemen Fase Grup A Nations League sekaligus memastikan diri lolos ke final. Sementara, Portugal yang menelan kekalahan dalam laga ini harus puas pada peringkat kedua. Meskipun tak bisa lolos ke putaran final.

Sementara Alvaro Morata yang berhasil mencetak gol, dan membawa Spanyol lolos ke putaran final menjadi pahlawan untuk La Furija Roja. Namun pasukan Os Navegadores justru menganggap bahwa pemain Atletico Madrid itu merupakan mimpi buruk bagi para pemain Portugal.

Spanyol unggul secara statistik permainan dan berhak melaju ke putaran final. Tim tamu sangat mendominasi penguasaan bola, skuad asuhan Luiz Enrique berhasil menguasai bola sebanyak 68%. Selama prosesnya berhasil melepas 5 tembakan ke arah gawang dari 10 percobaan. Portugal yang bertindak sebagai tuan rumah dalam laga ini, hanya mampu menguasai bola sebanyak 32% dan melepaskan 4 tendangan ke arah gawang dari 9 percobaan.

Hasil tersebut menjadi modal utama bagi Spanyol, sekaligus memberikan kepercayaan tersendiri untuk para pemain dalam mempertahankan konsistensi permainan terbaik laga berikutnya. Mengingat mereka akan berhadapan dengan Yordania dalam melakoni laga persahabatan di Amman Internasional stadium pada 18 November 2022.***