29 Mei 2024

SITUS SEPAK BOLA PIALA DUNIA

PREDIKSI BOLA| SKOR BOLA| BERITA BOLA| HASIL PERTANDINGAN

Sponsor Rusia Gazporm Kehilangan Muka di Sepak Bola Eropa

4 min read
Sponsor Rusia Gazporm Kehilangan Muka di Sepak Bola Eropa

Sponsor Rusia Gazporm Kehilangan Muka di Sepak Bola Eropa

Sponsor Rusia Gazporm Kehilangan Muka di Sepak Bola Eropa
Sponsor Rusia Gazporm Kehilangan Muka di Sepak Bola Eropa

SEPAK BOLA PIALA DUNIA  – Sebagai sponsor Rusia Gazporm kehilangan muka, banyak mendukung sejumlah ajang penting sepak bola Eropa. Beberapa diantaranya adalah ajang penting Liga Champions. Termasuk klub sepak bola Jerman yakni Schalke.

Klub sepak bola Jerman Schalke mencopot perusahaan Rusia Gazprom dari kaus mereka. Seorang eksekutif senior Gazprom keluar dari dewan pengawas Schalke Kamis, 24 Februari 2022 waktu setempat. Usai menjadi sasaran sanksi AS atas perbuatan Rusia yang mengintervensi kedaulatan Rusia.

Gazporm sendiri merupakan perusahaan energi terbesar milik negeri Presiden Vladimir Putin. Logo raksasa energi milik negara Rusia kini sedang dihapus dari sejumlah penerima sponsor. Seperti yang terjadi pada kaus tim sepak bola Jerman Schalke menyusul serangan luas Rusia ke Ukraina.

Tanpa Sponsor Rusia Gazporm Schalke Tegas Lupakan Dukungan

Memiliki sponsor Rusia Gazporm tidak lagi membuat Schalke merasa beruntung. Mereka justru gerah dan ingin segera melupakan masa-masa kerjasama yang menyenangkan. Langkah pertama untuk membuktikan ketidaksetujuan mereka atas tindakan Rusia. Klub Jerman tersebut langsung menghilangkan logo Gazporm dari jersey.

Schalke mengatakan logo tersebut akan berganti dengan tulisan Schalke 04. Keputusan mereka sebagai reaksi mengikuti perkembangan terbaru. Sebelumnya, seorang eksekutif senior Gazprom keluar dari dewan pengawas Schalke setelah menjadi sasaran sanksi AS.

Baca Juga: Prediksi Clube Brugge Vs Antwerp 27 Februari 2022 Liga Belgia

Matthias Warnig adalah CEO dari pipa Nord Stream 2 Rusia -Jerman yang baru dibangun. Hanya saja proyek bernilai miliaran dolar dari Gazprom dan perusahaan-perusahaan Eropa belum pernah dioperasikan.

Baca Juga: Prediksi Chelsea Vs Liverpool 27 Februari 2022 Piala Carabao

Selain itu iklan perusahaan gas milik negara Rusia Gazprom juga sempat terpampang di papan iklan. Ketika para penggemar Benfica menghadiri babak babak 16 besar Liga Champions leg pertama. Pertandingan sepak bola antara Benfica dan Ajax berlangsung di stadion Luz Lisbon.

Baca Juga: Prediksi Barcelona Vs Athletic Bilbao 28 Februari 2022 Liga Spanyol

Schalke yang berbasis di Gelsenkirchen menyebut bila Warnig memberi tahu dewan. Bahwa Matthias Warnig akan segera mengundurkan diri dari posisinya. Ia telah dua tahun menjabat sebagai perwakilan sponsor utama Gazprom.

Gazprom telah menyediakan dana sponsor untuk Schalke yang turun ke divisi dua tahun lalu. Sposor mereka terima sejak 2006 dengan kesepakatan pada hari Presiden Rusia Vladimir Putin tiba untuk kunjungan kenegaraan ke Jerman.

Liga Champions Menerima Sponsor Gazprom Bernilai Fantastis

Branding Gazprom memiliki profil yang lebih besar dari sepak bola Eropa. melalui sponsornya di Liga Champions. Logonya telah berkibar di sekitar lapangan selama babak 16 besar pertandingan. Bahkan sebelum kasus Rusia ke Ukraina logo perusahaan energi itu juga tampil dalam siaran UEFA.

UEFA sedang berdiskusi dengan pengacaranya untuk mengakhiri hubungan lama dengan Gazprom. Langkah tersebut sebagai buntut pasca mengonfirmasi final Liga Champions musim ini telah berpindah dari St Petersburg ke Paris.

Badan sepakbola Eropa itu mengkonfirmasi isi pertemuan luar biasa dengan komite eksekutif. Lewat bantuan presiden Prancis, Emmanuel Macron, pertandingan akan bermain di Stade de France pada 28 Mei 2022.

“Uefa ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaannya kepada presiden Republik Prancis Emmanuel Macron. Memberi dukungan dan komitmen pribadinya untuk memindahkan pertandingan paling bergengsi. Terlebih pada saat krisis yang tak terhindari,” ungkap UEFA.

Bersama dengan pemerintah Prancis, badan sepak bola tersebut sepenuhnya mendukung upaya multipihak. Tujuannya adalah memastikan penyediaan penyelamatan bagi pemain sepak bola dan keluarga mereka di Ukraina. Seperti yang dunia ketahui mereka tengan menghadapi penderitaan, kehancuran, dan invansi manusia yang mengerikan.

Bukan Hanya Sponsor Kehilangan Muka, Tim dan Klub Rusia Harus Keluar Negara

Raksasa gas Rusia pemilik Zenit St Petersburg, adalah sponsor Schalke dan Liga Champions. Kesepakatan sponsorship 2018-2021 bernilai sekitar Rp660 miliar setahun untuk UEFA. Sebelum tambahan Kejuaraan Eropa baru-baru ini juga masuk portofolio Gazprom.

UEFA mengakhiri kesepakatan tentu akan memperoleh pukulan finansial yang cukup besar bagi badan pengatur. Mengungkap tanda signifikan bahwa penerapan sponsor olahraga soft power Rusia tidak dapat diubah.  Perwakilan Rusia di ExCo UEFA, Alexander Dyukov sebagai kepala Federasi Sepak Bola Rusia (RFU). Serta seorang eksekutif Gazprom ketua anak perusahaan Gazprom Neft. Turut menghadiri pertemuan hari Jumat, 25 Februari 2022 menanggapi tindakan agresif Rusia.

“Kami percaya bahwa keputusan untuk memindahkan tempat final Liga Champions ditentukan oleh alasan politik. RFU selalu berpegang pada prinsip ‘olahraga di luar politik’, karenanya tidak dapat mendukung keputusan ini. RFU juga tidak mendukung keputusan memindahkan pertandingan apa pun yang melibatkan tim Rusia ke wilayah netral. Karena melanggar prinsip olahraga dan melanggar kepentingan pemain, pelatih, dan penggemar,” papar Alexander Dyukov.

Pada Kamis, 24 Februari tank Rusia menyeberang ke tanah Ukraina. Klub Rusia dan tim nasional negara itu harus memainkan pertandingan milik UEFA di tempat netral. Dalam kompetisi klub, aturan ini hanya akan berlaku untuk Spartak Moscow.

Spartak Moscow harus menemukan tempat netral untuk pertandingan kandang babak 16 besar Liga Europa melawan RB Leipzig. Sedangkan untuk tingkat internasional, seperti Liga Bangsa-Bangsa yang berlanjut pada musim semi. Rusia akan menjadi tuan rumah Islandia dan Albania pada bulan Juni juga harus mencari tempat baru.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.