Skuad Spanyol Piala Dunia, Kumpulkan Kekuatan Terbaik La Roja

Skuad Spanyol Piala Dunia, Kumpulkan Kekuatan Terbaik La Roja

Skuad Spanyol Piala Dunia, Kumpulkan Kekuatan Terbaik La Roja

Skuad Spanyol Piala Dunia, Kumpulkan Kekuatan Terbaik La Roja
Skuad Spanyol Piala Dunia, Kumpulkan Kekuatan Terbaik La Roja

Update Piala Dunia 2022 – Skuad Spanyol Piala Dunia akan memasuki turnamen ke-12 berturut-turut dengan harapan meraih kejayaan pertama kalinya sejak 2010.

La Roja tidak mendapatkan grup yang mudah, karena harus mengatasi juara dunia 2014 Jerman serta raksasa Asia Jepang dan Kosta Rika besutan Bryan Ruiz.

Luis Enrique sendiri memiliki catatan bagus dengan tim nasional Spanyol, selama prosesnya mereka memiliki kumpulan bakat yang luar biasa untuk skuad Piala Dunia.

Cesar Azpilicueta, Dani Carvajal, Jordi Alba dan Aymeric Laporte semuanya merupakan bagian dari 26 pemain. Artinya Spanyol menawarkan banyak pilihan pada soliditas lini belakang.

Eric Garcia telah terbukti menjadi opsi yang dapat tim andalkan, begitu juga dengan Pau Torres dan Alejandro Balde menggantikan Jose Gaya.

Skuad Spanyol Piala Dunia, Penuh Warna Bongkar Pasang Pasukan

Sejauh ini skuad Spanyol Piala Dunia membuat pelatih Enrique harus meninggalkan beberapa nama besar karena ia menghadapi dilema pemilihan yag sulit khususnya untuk lini tengah.

Tersedia tempat untuk Sergio Busquets, Rodri, Pedri, Koke dan Gavi. Ada juga ruang bagi Carlos Soler dan Marcos Llorente. Hanya saja bintang Liverpool Thiago Alcantara termasuk di antara yang absen.

Pablo Sarabia, Alvaro Morata dan Ferran Torres bisa menjadi tiga pemain depan di Qatar. Walau demikian persediaan lini depan Spanyol lebih dari tiga nama tersebut.

Tentu saja akan ada Marcos Asensio dan Ansu Fati yang menunggu untuk menerkam jika mereka mendapat kesempatan.

Sementara pemain muda seperti Yeremy Pino dan Nico Williams juga bermimpi melihat menit bermain.

Baca Juga: Skuad Wales Piala Dunia, Gareth Bale Sepenuhnya Sehat!

Pemain muda Barcelona Alejandro Balde telah dipanggil ke skuad Piala Dunia Spanyol untuk menggantikan Jose Luis Gaya yang cedera.

Bek kiri Valencia Gaya mengalami keseleo pergelangan kaki saat latihan dan harus absen sekitar 10 hari. Fakta ini membuatnya absen dari pertandingan grup melawan Kosta Rika dan Jerman.

Luis Enrique mempertimbangkan mempertahankan Gaya di Qatar tetapi pada hari Jumat memutuskan untuk memanggil Balde menjelang pertandingan pembukaan melawan Kosta Rika.

Jordi Alba dari Barca adalah satu-satunya bek kiri tersedia dalam skuad, sementara Aymeric Laporte bermain selama satu jam dalam kemenangan persahabatan atas Jordan.

Baca Juga: Skuad Amerika Serikat Piala Dunia, Nomor Punggung Tentukan Kekuatan?!

Balde belum pernah memperkuat timnas Spanyol untuk level senior dan terjadwalkan bermain untuk tim U21 melawan Jepang sebelum panggilan terlambat.

Ia mendapat anggukan atas rekan setimnya Marcos Alonso yang telah bermain enam kali untuk Spanyol. Kehadirannya menambah jumlah pemain Barca dalam skuad La Roja menjadi delapan.

Ada desakan yang berkembang untuk memasukkan Balde menjelang turnamen melihat performanya bersama Barcelona musim ini. Hanya saja Gaya dan Alba lebih favorit.

Luis Enrique Mengambil Keputusan Berani untuk Skuad Spanyol

Spanyol menuju Piala Dunia 2022 dengan skuad yang mapan dan pengaturan kepelatihan.

Setelah proses berkabung Luis Enrique dalam kehidupan pribadinya, pelatih asal Spanyol itu kembali memimpin La Roja. Mantan pelatih Barcelona itu absen selama sebagian besar proses kualifikasi.

Banyak yang tidak senang karena ia mengambil kembali kendali dari Robert Moreno. Sekarang, La Roja menyadari generasi emas mereka telah tiada.

Luis Enrique telah membuat keputusan berani dengan pemilihan skuadnya untuk Piala Dunia. Tidak ada tempat untuk David de Gea atau Kepa Arrizabalaga.

Keputusan seperti itu tidak terpikirkan ketika ia pertama kali mengambil alih. Thiago Alcantara tidak lolos sementara Gavi dan Pedri akan memimpin tim lini tengah.

Enrique memiliki skuad yang kuat bermain bersama dengan baik. Selama Euro 2020 menunjukkan kerja keras sang pelatih.

Gaya sepak bola dari tim Spanyol itu menarik dan mereka bisa melaju ke final. Ada lebih banyak tekanan dan variasi tim yang lebih luas dapat menantang Spanyol.

La Roja berharap lolos dari Grup F, kemungkinan pertemuan dengan Brasil atau Portugal bisa menyusul.

Jika berbicara tentang bakat individu, Spanyol tidak memiliki cukup untuk memenangkan turnamen. Ketika mereka melawan Kylian Mbappe, Neymar atau Lionel Messi, pertahanan Spanyol bisa saja alami kesulitan.

Daftar 26 Pemain La Roja Untuk Turnamen World Cup 2022

26 pemain dalam skuad Spanyol untuk Piala Dunia 2022 oleh pelatih kepala Luis Enrique.

Pasukan La Roja memasuki Qatar sebagai favorit ke-5 untuk memenangkan trofi, bukan rahasia jika Spanyol mencoba melewati babak 16 besar untuk pertama kalinya sejak 2010.

Sejak saat itu, satu-satunya kekecewaan adalah tersingkirnya penyisihan grup pada 2014. Kemudian tersingkir dari babak 16 besar oleh tuan rumah Rusia pada 2018.

Berikut adalah daftar final skuad yang membela Spanyol untuk Piala Dunia 2022

Kiper: Robert Sanchez, David Raya, Unai Simon.

Bek: Cesar Azpilicueta, Eric Garcia, Pau Torres, Jose Gaya, Hugo Guillamon, Jordi Alba, Dani Carvajal, Aymeric Laporte.

Gelandang: Sergio Busquets, Marcos Llorente, Koke, Gavi, Rodri, Carlos Soler, Pedri.

Penyerang: Alvaro Morata, Marco Asensio, Ferran Torres, Nico Williams, Yeremy Pino, Dani Olmo, Pablo Sarabia, Ansu Fati.***