Skuad Portugal Piala Dunia, Fernando Santos Mencoba Eksplorasi

Skuad Portugal Piala Dunia, Fernando Santos Mencoba Eksplorasi

Skuad Portugal Piala Dunia, Fernando Santos Mencoba Eksplorasi

Skuad Portugal Piala Dunia, Fernando Santos Mencoba Eksplorasi
Skuad Portugal Piala Dunia, Fernando Santos Mencoba Eksplorasi

Update Piala Dunia 2022 – Skuad Portugal Piala Dunia telah Fernando Santos umumkan 26 pemain yang akan mewakili negara berlaga ke Qatar 2022.

Salah satu kritik yang terlontarkan untuk Fernando Santos selama 8 tahun terakhir masa jabatannya sebagai pelatih Portugal. Yakni penolakannya untuk bereksperimen dengan bek tengah muda.

Oleh karena itu, sesuatu mengejutkan melihat bek tengah Benfica berusia 19 tahun Antonio Silva masuk dalam posisi tersebut.

Penampilan luar biasa Silva terutama dalam pertandingan-pertandingan kelas atas melawan Porto, PSG dan Juventus menjadikan inklusinya tidak kontroversial.

Berbeda halnya dengan gelandang Renato Sanches yang harus keluar pasca cedera. Padahal ia telah tampil luar biasa untuk Portugal di Euro 2016.

Sanches terbilang sebagai pemain unggulan Selecao pada Euro 2020 yang berlaga pada tahun 2021.

Kekhawatiran cedera terus menghantui Sanches sepanjang karirnya, muncul kembali sejak kepindahannya ke Paris sehingga memengaruhi keputusan Fernando Santos.

Sanches hanya menyelesaikan lebih dari satu jam atas empat kali pertandingan musim ini, selebihnya tidak pernah bermain sembilan puluh menit penuh pada 2022-2023.

Skuad Portugal Piala Dunia, Fernando Santos Ungkap Alasan Keluarkan Renato

Pengumuman skuad Portugal Piala Dunia, Fernando Santos menjelaskan alasan Renato Sanches tercoret dari daftar pemain.

Sebagai gantinya Matheus Nunes terpilih menggantikan Sanches, hanya saja pelatih menolak untuk paparkan ke dalam pembenaran yang terperinci.

“Saya telah melihat di media berbagai prediksi skuad dan meskipun mereka sangat mirip. Saya belum melihat dua yang persis sama. Jika semua orang dalam ruangan ini memilih skuat yang terdiri dari 26 orang akan mengejutkan bila keduanya sama,” ujar Fernando Santos.

Santos menilai jika tidak elegan baginya untuk mengatakan mengapa satu pemain terpilih daripada yang lain.

Salah satu aspek yang menonjol dari skuad adalah kurangnya lebar hal menyerang pemain lebar.

Agak ironis bahwa negara yang terkenal dengan lini produksi pemain sayap luar biasa akan pergi ke Qatar tanpa satu pun pemain sayap.

Cederanya pemain sayap Wolves Pedro Neto, kemudian pengunduran diri Rafa Silva baru-baru ini dari sepak bola internasional penghilangan Goncalo Guedes.

Baca Juga: Uni Emirat Arab vs Argentina 16 November 2022 Friendlies

Semua menunjukkan bahwa Santos akan tetap pada formasi datar 4-4-2 yang telah menjadi taktik andalannya.

Sebagian besar opsi lini tengah bermain pada tengah untuk Portugal, membuat mereka nantinya akan sangat bergantung pada bek sayap guna memberikan peluang.

Kontribusi sebelah kanan terdapat Joao Cancelo atau Diogo Dalot. Sementara Nuno Mendes atau Raphael Guerreiro akan memperkuat sebelah kiri sebagai calon juru kunci untuk membuka pertahanan dalam pertandingan ketat.

Petunjuk terakhir yang akan kita dapatkan dari pemikiran Santos akan datang ketika Portugal menjamu Nigeria dalam pertandingan persahabatan sebelum berangkat ke Timur Tengah.

Para pemain mendapat anggukan dari pelatih kepala Fernando Santos saat bersiap untuk Piala Dunia 2022.

Portugal akan membuat penampilan kedelapan mereka di Piala Dunia Qatar bersama pelatih Fernando Santos dalam upaya memenuhi harapan.

Berikut Daftar Pemain Portugal Terpilih Piala Dunia 2022

Selecao tergabung pada Grup H bersama Uruguay, Ghana, dan Korea Selatan. Jelas bukan grup yang mudah untuk mereka hadapi.

Walau demikian sumber daya tangki Portugal membuka kemungkinan bahwa mereka mampu maju ke sistem gugur kecuali tercipta gangguan besar.

Penjaga gawang harus menjadi perhatian Santos menuju Qatar, meskipun ada banyak pilihan untuk tidak ada yang terhitung sebagai kiper terbaik dunia.

Kiper veteran Rui Patricio secara tradisional menjadi pilihan utama tetapi ia rentan terhadap kesalahan.

Diogo Costa dari Porto adalah kiper muda dan sangat percaya diri, tetapi kurang pengalaman bermain untuk panggung terbesar.

Qatar bisa menjadi kesempatannya mengambil peran utama, sekaligus jalan mengumumkan eksistensinya kepada dunia.

Jose Sa dari Wolves kemungkinan akan menjadi pilihan ketiga untuk Santos, tetapi belum melakukan debut tim nasional seniornya.

Baca Juga: Prediksi Juventus vs Lazio 14 November 2022 Serie A Italia

Sementara itu, Portugal memiliki lini belakang solid dengan menempatkan kapten Manchester City Ruben Dias yang bermitra dengan kandidat berpengalaman Pepe.

Jose Fonte telah ketinggalan terlepas dari pengalamannya, seperti halnya pilihan serbaguna Tiago Djalo, David Carmo dan Ferro.

Joao Cancelo adalah pilihan yang lebih favorit untuk bek kanan tetapi bisa menghadapi persaingan dengan Diogo Dalot pemain impresif Manchester United musim ini.

Pada sayap kiri, Nuno Mendes bisa memulai dengan beberapa kandidat lain seperti Raphael Guerreiro dari Dortmund.

Kualitas Pemain Selecao Tak Perlu Santos Khawatirkan

Portugal juga memiliki banyak kualitas pada pemain lini tengah. Tiga yang menjadi favorit adalah Bruno Fernandes, Ruben Neves dan Bernardo Silva.

Tetapi jika Santos ingin mencampuradukkan bagian tengah, ia mempunyai banyak pilihan yang meyakinkan.

Vitinha dan Matheus Nunes adalah talenta muda dan menarik, sementara William Carvalho menambah kedalaman serta pengalaman lebih jauh ke dalam daftar.

Harapan Portugal sekali lagi bertumpu pada pundak Cristiano Ronaldo. Pemain dengan gol internasional terbanyak sepak bola pria akan terus menambah jumlah golnya di Qatar.

Ronaldo mampu membimbing negaranya menuju hadiah utama dalam sepak bola internasional.

Mendapat dukungan pemain seperti Joao Felix dan Rafael Leao dari AC Milan. Sedangkan Diogo Jota dan Pedro Neto keduanya absen karena cedera.

Andre Silva dan Goncalo Ramos telah lolos, tetapi tidak ada ruang untuk Goncalo Guedes yang absen sepenuhnya.

Pensiunnya Rafa Silva dari sepak bola internasional pada bulan September merupakan kejutan bagi Portugal.

Penjaga Gawang: Diogo Costa (FC Porto) Jose Sa (Wolverhampton Wanderers) Rui Patricio (AS Roma).

Bek: Diogo Dalot (Manchester United) Joao Cancelo (Manchester City) Danilo Pereira (PSG), Pepe (FC Porto) Ruben Dias (Manchester City) Antonio Silva (SL Benfica) Nuno Mendes (PSG) Raphael Guerreiro (Borussia Dortmund).

Gelandang: Joao Palhinha (Fulham) Ruben Neves (Wolverhampton Wanderers) Bernardo Silva (Manchester City) Bruno Fernandes (Manchester United) Joao Mario (SL Benfica) Matheus Nunes (Wolverhampton Wanderers) Otavio Monteiro (FC Porto) Vitinha (PSG) William Carvalho ( Betis).

Penyerang: Andre Silva (RB Leipzig) Cristiano Ronaldo (Manchester United) Goncalo Ramos (SL Benfica) Joao Felix (Atletico Madrid) Rafael Leao (AC Milan) Ricardo Horta (SC Braga).***