Manajer PSG Terhebat Sepanjang Abad, Bukan Mauricio Pochettino

Manajer PSG Terhebat Sepanjang Abad, Bukan Mauricio Pochettino
Manajer PSG Terhebat Sepanjang Abad, Bukan Mauricio Pochettino

SEPAK BOLA PIALA DUNIA  – Manajer PSG terhebat sepanjang abad membuktikan perkembangan signifikan dari tim Paris. Sebelum bisa menjadi sukses luar biasa di beberapa musim belakangan. Siapa yang mengira jika Paris Saint-Germain bahkan tidak tergolong klub elit Eropa hingga tahun 2010.

Perubahan pun mulai terjadi ketika Qatar Sports Investment Group mendukung klub Les Rouge et Bleu. Peningkatan secara signifikan terjadi hingga pada akhirnya mereka semakin mendominasi. Les Parisians pernah meraih 7 gelar liga, termasuk memenangkan 6 trofi Coupe de France, 6 Piala Liga Prancis, 8 Piala Super Prancis.

Kesuperioran klub Paris bukanlah pencapaian yang berlebihan. Kendatipun musim ini sempat tersendat mengawali laga. Upaya mereka menjadi juara Liegue 1 dan Liga Champions. Perubahan serius terus PSG lakukan, bila ucapan ingin juara Liga Champions terungkap pada tahun 2000-2010. Pastinya tidak ada yang meyakini impian itu mampu menjadi kenyataan. Total dari 43 penghargaan utama klub sebanyak 31 menjadi milik klub Paris.

Deretan Manajer PSG Terhebat Sepanjang Abad Beri Kemenangan 50 Lebih

Berikut daftar nama manajer PSG terhebat sepanjang abad, diawali dengan sosok yang memberikan kemenangan 50 kali lebih. Sebelumnya raksasa Prancis sempat menggunakan jasa 7 manajer periode tahun 2000 hingga 2011. Namun, hanya Luis Fenandez yang sanggup memberikan kemenangan lebih dari 50 kali.

Seiring dengan perkembangan zaman PSG memiliki kemampuan finansial yang mapan. Mereka pun mampu membayar para pelatih laris selain Luis Fernandez. Tidak tanggung-tanggung gaji para manajer itu terbilang sama fantastisnya dengan pemain.

Baca Juga: Prediksi Athletic Bilbao Vs Real Sociedad 21 Februari 2022 La Liga

Catatan pertama adalah pelatih terkini Paris Saint-Germain, Mauricio Pochettino. Banyak rumor beredar terakit pelatih Argentina itu. Namun, dirinya lebih memilih fokus membawa skuad asuhannya untuk memburu trofi musim 2021-2022. Bergabungnya Pochettino usai terdepak pada 2019 oleh Tottenham Hotspur.

Baca Juga: Prediksi St Clara Vs Portimonense 22 Februari 2022 Liga Portugal

Sebagai manajer teranyar Pochettino terbilang kurang sukses mengendalikan trio penyerang hebat. PSG memang diperkuat Lionel Messi, Kylian Mbappe, dan Neymar. Klub Paris tahun lalu memperoleh Coupe de France dan Trophee des Champions. Sebagai trofi pertama selama mengarsiteki Les Parisiens.

Baca Juga: Real Madrid Menang Liga Champions 13 Kali, Arsenal Gagal Terus!

Kini tim PSG berusaha konsisten merebut gelar Ligue 1 dari Lille juara musim lalu. Terlihat bagaimana Pochettino meraih 48 kemenangan atas 69 penampilan. Salah satunya adalah menang tipis 1-0 dari Real Madrid untuk leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

Thomas Tuchel Beri Enam Gelar Sebagai Manajer PSG

Daftar manajer PSG yang terbilang bagus sepanjang abad. Rupanya masih memasukkan nama Thomas Tuchel dalam opsi pilihannya. Kepemimpinannya hanya sedikit lebih baik dari Unai Emery. Lantaran hasil statistik keduanya terbilang hampir sama, perbedaannya pelatih asal Jerman itu menyumbangkan dua gelar Ligue 1.

Tuchel menjadi manajer untuk Paris Saint-Germain pada tahun 2018. Sebelumnya ia adalah kepala pelatih untuk raksasa Jerman Borussia Dortmund. Pemecatannya terjadi lantaran dewan menuntut klub agar pelatih tidak mendekati secara konfrotatif.

PSG bersamanya juga sukses masuk ke final Liga Champions pada 2020 menghadapi Bayern Munchen. Meski pada akhirnya masih harus  kalah 1-0 atas Munchen. Rupanya kesialan terus berlanjut untuk kampanye 2020-2021 membuat Tuchel dipecat PSG. Sumbangan 6 trofi seolah hilang sekalipun klun memperoleh persentase tertinggi kedua.

Lantas bagaimana dengan statistik Unai Emery? Sebagai manajer PSG Emery bergabung pada tahun 2016. Usai masa kontrak gemilang bersama Sevilla membawa reputasinya mengajar Parc des Princes. Emery memang memberikan 3 kali kemenangan beruntun Liga Eropa 2014-2016.

Unai Emery memang meninggalkan Sevilla sebelum masa kontraknya yang sisa satu tahun rampung. Perlakuan yang Emery alami membuat PSG banyak menerima kecaman. Ia hanya bertugas 2 tahun dengan situasi Paris Saint-Germain penuh rasa frustasi.

PSG mampu mendominasi kompetisi bersama dengan Emery. Les Rouge et Bleu membawa pulang piala Trophee des Champions, Coupe de France dan Coupe de la Ligue berturut-turut. 114 penampilan mereka mencapai 87 kemenangan. Dengan persentase 76.3 sebagai yang tertinggi sepanjang sejarah PSG.

Laurent BlancLaurent dan Carlo Ancelotti Deretan Manajer Hebat Paris

Manajer selanjutnya yang tergolong sukses mengarsiteki PSG adalah Laurent BlancLaurent dan Carlo Ancelotti. BlancLaurent bertugas periode  2013-2016, otomatis membuatnya sebagai manajer terlama ketiga sepanjang sejarah PSG. Selama masanya ada 11 trofi berhasil Paris Saint-Germain tambahkan.

Blanc juga membawa tim tampil sebanyak 173 pertandingan dengan 126 kali kemenangan. Jumlah yang paling banyak sepanjang masa. Bukan hanya itu PSG dibawah sang maestro sukses menjadi tim kuat dan mendominasi. Mereka membawa pulang Ligue 1, Coupe de la Ligue dan Trophee des Champions masing-masing tiga kali.

Sementara Carlo Ancelotti juga tidak kalah hebatnya meski memimpin PSG cukup singkat. Dirinya hanya memimpin selama 16 bulan sebelum akhirnya berpindah ke Real Madrid. Namun bukan berarti Ancelotti pergi tanpa hasil apapun, ia memberikan gelar Ligue 1 2012-2013 setelah sepi gelar sejak 1993-1994.***

Prediksi Bola Terkini

PREDIKSI BOLA | SKOR BOLA | JADWAL BOLA | BERITA BOLA

Mungkin Anda Menyukai