Mohamed Alkhereiji Calon Pemilik Chelsea, Ternyata Kekayaannya

Mohamed Alkhereiji Calon Pemilik Chelsea, Ternyata Kekayaannya

Mohamed Alkhereiji Calon Pemilik Chelsea, Ternyata Kekayaannya

Mohamed Alkhereiji Calon Pemilik Chelsea, Ternyata Kekayaannya
Mohamed Alkhereiji Calon Pemilik Chelsea, Ternyata Kekayaannya

Pemilik Baru Chelsea –¬† Mohamed Alkhereiji calon pemilik Chelsea keluar sebagai kandidat kuat menggantikan Roman Abramovich. Calon bos baru The Blues merupakan pria berkebangsaan Arab Saudi atau akrab pula disebut Mohamed Al-Khereiji. Pria itu dikabarkan setuju membayar sebesar Rp 5.4 triliun guna mengambil alih kepemilikan.

Chelsea memang harus segera Abramovich jual mempertimbangkan situasi pemilik lama. Setelah invasi Rusia ke Ukraina beberapa waktu lalu. Membuatnya juga terimbas mengalami pembekuan aset seluruhnya yang berada di Inggris. Alhasil satu-satunya cara agar The Blues tidak terbawa konflik panas Rusia dan negara-negara rivalnya. Yaitu mengalihkan atau menjual klub sepakbola legendaris itu kepada pihak yang memenuhi syarat.

Tidak Mudah Mohamed Alkhereiji Calon Pemilik Chelsea Lakukan Akuisi

Pindah tangan antara Abramovich dengan Mohamed Alkhereiji calon pemilik Chelsea tanpa drama akan terasa hambar. Faktanya memang proses penjualan klub bisa saja hambar. Sebab Abramovich membutuhkan transkasi cepat sebelum akhirnya pemerintah Inggris membekukan miliader Rusia tesebut.

Klub Chelsea termasuk salah satu aset dari Roman Abramovich yang bisa terbekukan ketika pemerintah Inggris mulai bertindak. Bahkan Chelsea bisa jadi mengalami situasi krisis hingga kesulitan membayar gaji pemain dan pelatih. Bukan hanya itu operasional lain yang berkaitan dengan aktivitas klub ikut gagal lantaran rekening klub ikut dibekukan.

Baca Juga: Antonio Rudiger Chelsea Siap Hengkang, Rayuan The Blues Gagal

Jika keburu pemerintah Inggris mengambil alih klub, maka Abramovich sudah pasti gigit jari. Sebab ia tidak akan bisa melakukan penjualan klub secara langsung. Nama Mohamed Al-Khereiji merupakan salah satu dari beberapa kandidat kuat yang tertarik mengambil alih The Blues.

Baca Juga: Antonio Rudiger Chelsea Siap Hengkang, Rayuan The Blues Gagal

Lantas siapa sebenarnya Mohamed Alkhereiji? Belakangan namanya semakin kuat berkaitan dengan kepemilikan klub Stamford Bridge. Rupanya Alkhereiji adalah miliuner asal Arab Saudi yang sukses saat dirinya masih berusia muda. Kabarnya ia mampu memberikan penawaran tidak jauh dari permintaan Abramovich.

Awalnya Abramovich meminta klub di jual seharag Rp 57.6 triliun, lantas penawaran datang dari pihak Mohamed. Yaitu dengan nilai Rp50.4 triliun menggunakan pecahan konversi Rp18.700 pounds per satu rupiahnya. Jelas angka tersebut masih jauh lebih baik dari pada kandidat-kandidat sebelumnya.

Mohamed Alkhereiji CEO Engineer Holding Grup Targetkan Chelsea

Melihat kondisi Chelsea saat ini, peluang Al-Khereiji membeli The Blues terbuka lebar. Apa lagi Roman Abramovich sudah keluar dari jajaran manajemen klub oleh Premier League. Publik Inggris sekaligus dunia langsung membicarakan siapa sejatinya calon pemilik Chelsea tersebut.

Rupanya Al-Khereiji merupakan pebisnis Saudi yang menjalankan Saudi Media Group. Bukan hanya bergerak di bidang media, ia juga masih menjadi pimpinan atas usaha keluarga.  Nama Mohamed Alkhereiji tercatat sebagai CEO perusahaan induk Engineer Holding Group. Perusahaan tersebut bukan ia bangun sendiri, melainkan warisan dari sang ayah, Abdulelah Al-Khereiji.

Selain itu Mohamed Al-Khereiji juga menamatkan pendirikannya di Cass Business School, Inggris, Serta menghabiskan tiga tahun bekerja untuk Deutsche Bank. Dari segi karir dan pendidikan calon pemilik Chelsea ini sungguh sangat istimewa.

Besaran Kekayaan Bersih Kandidat Kuat Pemilik The Blues

Sedangkan kekayaan bersih Saudi Media Group sendiri sulit untuk dihitung secara komprehensif. Pasalnya Saudi Media Group sendiri merupakan grup media terbesar Timur Tengah. Perusahaan itu juga memiliki berbagai anak usaha dalam bidang periklanan, perhotelan, sektor perbankan, dan olahraga.

Saudi Media Group kurang lebih mampu menghasilkan setidaknya Rp 14,3 triliun setahun. Selain itu perusahaan milik Al-Khereiji kemungkinan akan bergabung dengan pihak swasta lainnya sebagai bagian dari konsorsium yang lebih besar.

Maka secara keseluruhan hitungan kekayaan bersih Kepala Media Saudi Mohamed Al-Khereiji. Yakni mencapai Rp 38,6 triliun. Tidak mengherabkan jika ia tercatat sebagai salah satu orang Arab Terkaya di dunia.***