Persebaya 1-3 Persib Bandung, PSSI Lakukan Investigasi Soal Bobotoh

Persebaya 1-3 Persib Bandung, PSSI Lakukan Investigasi Soal Bobotoh
Persebaya 1-3 Persib Bandung, PSSI Lakukan Investigasi Soal Bobotoh

Hasil Pertandingan Persebaya vs Persib Bandung – Persebaya 1-3 Persib Bandung untuk laga lanjutan grup C Piala Presiden 2022. Duel berdarah di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat.  Permainan terbuka terlihat kedua kesebelasan lakukan sejak menit awal. Mereka saling berupaya membongkar lini pertahanan yang rapat.

Hingga akhirnya Persebaya lebih dahulu unggul pada menit ke-17. Leo Lilis melakukan eksekusi penalti. Mengantarkan skuad asuhan Aji Santoso sebagai pemimpin sementara 1-0. Stadion lantas bergemuruh menunjukkan antusiasme penggemar yang hadir. Kala menit ke-34 Victor Igbonefo mampu menyamakan kedudukan. Sundulannya memanfaatkan bola liat dari tendangan Ciro Alves yang gagal kiper Bajul Ijo tepis. Membuat kedudukan berubah menjadi 1-1.

Setelah membuka keran gol, Maung Bandung tidak puas berhenti dengan angka imbang. Mereka menyumbangkan satu gol lewat umpan lambung dari tendangan bebas Nick Kuipers. Pemain belakang asal Belanda itu menerobos hingga gawang Persebaya. Skor pun berubah menjadi 2-1 hingga injury tim babak pertama.

Persebaya 1-3 Persib Bandung, Kemenangan Berselimut Duka

Posisi skor Persebaya 1-3 Persib Bandung berubah pada babak kedua. Memasuki babak kedua Persib secara khusus melakukan perubahan pemain. Salah satunya dengan memasukkan Frets Butuan. Tidak mau ketinggalan Persebaya juga menurunkan Marselino Ferdinan pemain timnas Indonesia.

Bajul Ijo bisa mencetak pada menit ke-62 namun hakim garis membatalkan gol tersebut karena offside. Serangan demi serangan bergantian seolah kedua pihak sedang transaksi jual beil gol. Kembali Persib nyaris menambah keunggulan pada menit 73. Hanya saja aksi solo Ciro Alves masih bisa terblokade lini pertahanan Persebaya.

Baca Juga: Prediksi Aldosivi Vs Atletico Platense 22 Juni 2022 Argentina Primera

Persebaya punya peluang menyamakan kedudukan pada menit 85 lewat tendangan bebas. Namun, eksekusi Higor Vidal justru melesat terlalu melambung ke atas gawang tuan rumah. Persib bisa menambah keunggulan saat memasuki tambahan waktu. Pada menit 90+2, Ciro Alves berhasil mengalahkan pengawalan dua pemain Persebaya. Alhasil Alves pun menjebol gawang lawan sehingga mengubah kedudukan menjadi 3-1 untuk Persib.

Berkat kemenangan Persib Bandung, kini mereka menempati peringkat pertama klasemen Grup C Piala Presiden 2022. Total torehan empat poin, membuat mereka unggul selisih gol dari Bhayangkara FC. Sementara Persebaya Surabaya menempati peringkat empat dengan satu poin.

Persebaya vs Persib Bandung Evaluasi Penyebab Bobotoh Meninggal

Antusiasme pertandingan Persebaya vs Persib Bandung memang sangat luar biasa. Namun, tanpa ada yang menyangka dua orang suporter Persib atau akrab disebut Bobotoh harus meregang nyawa. Official media sosial Bobotoh pun menuliskan pesan berduka mereka kepada keluarga yang ditinggalkan.

“Bagi keluarga korban tetap kuat meski tidak ada resep khusus sesiap apapun menghadapi kehilangan, apalagi karena menonton sepakbola. Duka mendalam bagi korban dan keluarga yang ditinggalkan. Selamat jalan kawan,” tulis Instagram @officialvpc Sabtu 18 Juni 2022.

Baca Juga: Prediksi LA Galaxy Vs Sacramento Republic 22 Juni 2022 Piala Terbuka

Pihak Polda Jawa Barat pun  segera melakuka evaluasi terkait standrd operasional prosedur (SOP) DI Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo menjelaskan bila insiden suporter meninggal tersebut disebabkan ricuhnya penonton.

“Jadi pasca kejadian kemarin, kami akan melakukan evaluasi, baik situasi yang ada maupun penyebab kericuhan sehingga jatuh korban. Sampai sekarang aparat kepolisian masih mencari faktor penyebab kejadian itu lebih dulu,” jelas Ibrahim Tompo, Minggu, 19 Juni 2022.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali juga mengatakan pada kesempata berbeda. Bahwa PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sedang menyelidiki kejadian dua orang suporter meninggal dunia. Karena di tempat-tempat lain seperti Stadion Manahan Solo, Malang, dan Samarinda tidak terjadi insiden demikian.

“Pertandingan di Solo saat pembukaan Piala Presiden 2022, meski penonton penuh memadati Stadion Manahan Solo, tetap tertib. Hingga pulang tidak terjadi apa-apa, memang hal yang tidak terduga. Saya mendapat laporan sementara dari PSSI tentang kapasitas Stadion GBLA dan sudah direncanakan oleh panitia sekitar 15.000 penonton,” terang Zainudin usai Rapat Koordinasi APG XI di Solo, Minggu, 19 Juni 2022 malam.

Media Vietnam Ikut Soroti Tragedi Bobotoh Meninggal

Zing News media lokal Vietnam menyoroti tragedi meninggalnya dua orang Bobotoh. Mereka menjelaskan kronologi kejadian yang sebenarnya terjadi. Identitas Bobotoh naas tersebut adalah Sofian Yusuf dari Bogor dan Asep Ahmad Solihin dari Cibaduyut Bandung.

Keduanya mengembuskan napas terakhir saat berusaha menerobos kerumunan menyaksikan laga antara Persib dan Persebaya.

“Sekitar 45.000 orang memasuki stadion, meski hanya berkapasitas 38.000 kursi. Banyak orang tanpa tiket dengan ceroboh menerobos pintu, menciptakan suasana kacau. Dua orang yang meninggal itu kabarnya mengalami kekurangan oksigen. Saat berdesak-desakan di tribun penonton untuk mendapatkan posisi menonton pertandingan,” tulis pernyataan Zing News.

Pada kesempatan yang lain, Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo, mengatakan bahwa banyak penonton tanpa memiliki tiket. Penonton berusaha mendobrak pintu stadion. Usai insiden tragis itu, baik Persib dan Persebaya, bahkan klub lain, menyampaikan belasungkawa kepada keluarga kedua korban.***

Prediksi Bola Terkini

PREDIKSI BOLA | SKOR BOLA | JADWAL BOLA | BERITA BOLA

Mungkin Anda Menyukai