Skuad Kanada Piala Dunia, Rouges Optimis Hadapi Setan Merah

Skuad Kanada Piala Dunia, Rouges Optimis Hadapi Setan Merah

Skuad Kanada Piala Dunia, Rouges Optimis Hadapi Setan Merah

Skuad Kanada Piala Dunia, Rouges Optimis Hadapi Setan Merah
Skuad Kanada Piala Dunia, Rouges Optimis Hadapi Setan Merah

Update Piala Dunia 2022 – Skuad Kanada Piala Dunia yang menghadapi Belgia pada laga lanjutan dari Stadion Ahmad Bin Ali untuk Grup F.

Alistair Johnson sendiri merupakan bagian dari tim sepak bola Kanada yang menuju ke Qatar.

Tim Kanada muda dan menjanjikan bermain pada panggung dunia untuk pertama kalinya dalam 36 tahun.

Salah satu kenangan sepakbola paling awal bagi Kanada ketika Italia memenangkan Piala Dunia pada tahun 1982.

Puluhan penggemar membanjiri jalan-jalan pusat kota Toronto untuk perayaan spontan dan emosional. Mereka membunyikan klakson mobil dan mengibarkan bendera hijau, putih dan merah.

Popularitas olahraga sepak bola telah meletus, sebagian berkat pembentukan tim profesional Major League Soccer kota-kota terbesar di Kanada.

Sekaligus memberi penggemar cara baru untuk mengalami permainan. Termasuk pemain memperoleh kesempatan untuk mengasah keterampilan mereka.

Skuad Kanada Piala Dunia Penuh Kekuatan Muda Berkualitas Tinggi

Sekarang skuad Kanada Piala Dunia terbentuk dari pemain berkaliber tinggi yang percaya diri menantang rintangan.

Les Rouges optimis maju ke acara olahraga terbesar dunia untuk pertama kalinya sejak 1986.

Kegembiraan terlihat jelas di jalan-jalan Toronto, pesta tontonan sudah terpesan untuk pertandingan pertama Kanada melawan Belgia.

Tim Kanada menghadapi tantangan berat babak pertama, karena Belgia secara konsisten menduduki peringkat salah satu tim teratas FIFA.

Tetapi tim nasional Kanada telah membangun reputasinya sendiri, mereka terkenal karena gaya permainannya yang maju dan agresif serta penyelesaian mengejutkan.

Baca Juga: Update Piala Dunia Denmark, Kasper Hjulmand Gagal Pecah Telor

Salah satu pemain bintangnya Alphonso Davies berusia 22 tahun. Lahir dalam sebuah kamp pengungsi Ghana.

Davies memulai karier sepak bolanya sebagai anak muda provinsi padang rumput Alberta. Kemudian bermain untuk Vancouver Whitecaps sebelum ia masuk klub Bundesliga Bayern Munich.

Faktanya Davies tidak hanya terkenal sebagai salah satu fullback terbaik dunia berkat kecepatan dan kreativitasnya.

Alphonso Davies juga muncul sebagai pembela hak asasi manusia yang vokal. Ia adalah pemain sepak bola pertama dan orang Kanada yang menjabat sebagai juru bicara Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi.

Baca Juga: Update Piala Dunia Argentina, Reaksi Lionel Messi Setelah Kalah

Kanada merupakan salah satu negara tuan rumah Piala Dunia 2026, artinya perjalanan tahun ini hanyalah permulaan.

Selama ini hanya tim Eropa dan Amerika Selatan yang pernah menjuarai Piala Dunia. Kini melaju melalui turnamen tersebut tidak meragukan lagi akan menjadi prestasi sulit bagi Kanada.

Kanada tidak pernah mencetak gol Piala Dunia, setiap pemain yang melakukannya akan turun dalam sejarah.

Bergabung dengan orang-orang seperti Christine Sinclair yang membantu meraih medali emas sepak bola wanita pertama Olimpiade Tokyo baru-baru ini.

John Herdman Sebut Kanada Percaya Diri Hadapi Ujian Piala Dunia

Sementara Setan Merah adalah favorit, Les Rouges dapat membuat kejutan jika semuanya berjalan sesuai rencana.

“Ini akan menjadi ujian yang sangat bagus bagi staf dan para pemain. Sesuatu yang akan kami pelajari, tetapi lebih penting ini adalah sesuatu benar-benar akan kami tuju. Saya pikir itulah peluang yang kami miliki sekarang. Memasuki permainan i, kami tidak memiliki jumlah besar untuk kalah. Hanya kesempatan nyata untuk menjadikannya final piala,” ujar pelatih Kanada John Herdman dalam konferensi pers pra pertandingannya.

Aman untuk mengatakan bahwa Kanada hampir sempurna agar hal itu menjadi kenyataan. Herdman mengonfirmasi bahwa Davies siap untuk memulai sehingga meredakan kekhawatiran apa pun.

Dalam kepemilikan, Atiba Hutchinson sesekali harus turun ke tiga bek untuk memungkinkan Alistair Johnston maju sebagai bek sayap kanan.

Eustaquio akan dikerahkan box-to-box dan Junior Hoilett bermain dalam peran bebas dari belakang Jonathan David. Kemudian Davies melayang dari kiri ke tengah sepanjang permainan.

Formasi akan berubah menjadi 4-4-2 saat Belgia menguasai bola, tapi bisa juga menjadi 5-3-2 tergantung sejauh mana bola masuk ke pertahanan ketiga Kanada.

Kanada memanfaatkan kedua bentuk tersebut dalam kemenangan 2-1 atas Jepang Kamis lalu dalam situasi tersebut.

Les Rouges Harus Lebih Akurat Lepaskan Tembakan Arah Gawang

Satu-satunya peringatan Kanada, mereka perlu menghasilkan bidikan berkualitas lebih tinggi untuk merepotkan Belgia.

Kecepatan Kanada harus mengimbangi garis pertahanan tinggi Belgia yang menguasai bola.  Mereka bermain dalam transisi dan memiliki banyak kecepatan sehingga Les Rouges harus bersiap.

Belakangan ini Kanada terlihat seperti tim yang sangat jelas dalam konsep. Mereka juga bermain dinamis dan kompetitif. Selama laga kualifikasi tim suka membuka kaki dan menggunakan ruang besar.

Fakta bahwa Kanada efektif dalam momen transisi ofensif dan defensif melawan tim cepat seperti Jepang membuktikan bahwa ia mampu meniru strategi serupa.

Kabar baiknya Kanada dalam kondisi bagus untuk bisa bermain melawan tim mana pun di dunia.

Untuk Piala Dunia Qatar 2022, Kanada dan pelatih John Herdman memanggil para pemain berikut:

  • Kiper: Milan Borjan, James Pantemis, Dayne St. Clair.
  • Bek: Sam Adekugbe, Derek Cornelius, Alistair Johnston, Kamal Miller, Joel Waterman, Richie Laryea, Steven Vitoria.
  • Gelandang: Stephen Eustaquio, Liam Fraser, Atiba Hutchinson, Mark-Anthony Kaye, Jonathan Osorio, Ismael Kone, Samuel Piette, David Wotherspoon.
  • Depan: Tajon Buchanan, Lucas Cavallini, Jonathan David, Alphonso Davies, Junior Hoillett, Cyle Larin, Liam Millar, Ike Ugbo.***