Kroasia UEFA Nations League, Lolos Final Bareng Belanda

Kroasia UEFA Nations League, Lolos Final Bareng Belanda

Kroasia UEFA Nations League, Lolos Final Bareng Belanda

Kroasia UEFA Nations League, Lolos Final Bareng Belanda
Kroasia UEFA Nations League, Lolos Final Bareng Belanda

Hasil Pertandingan Austria vs Kroasia – Kroasia UEFA Nations League dan Belanda menyelesaikan pemanasan untuk Piala Dunia FIFA 2022 dengan penuh gaya. Kroasia memenangkan pertandingan terakhir untuk lolos ke turnamen Final Four tahun depan.

Tim tamu memuncaki Grup A1 dengan menang 3-1 atas Austria untuk menurunkan tuan rumah ke tingkat kedua. Sementara Belanda yang tak terkalahkan mengalahkan Belgia 1-0 saat berkunjung. The Oranje memenangkan Grup A4 dengan 16 poin, enam poin lebih banyak dari Belgia sebagai posisi kedua.

Juara bertahan Nations League dan Piala Dunia Prancis kalah 2-0 atas Denmark tetapi terhindar dari degradasi karena kekalahan Austria. Semua itu merupakan pertandingan terakhir bagi tim-tim yang terikat Piala Dunia sebelum kompetisi ke Qatar mulai pada 20 November. Qatar berada satu grup dengan Belanda termasuk Ekuador dan Senegal. Prancis dan Denmark akan bertemu lagi di Qatar bersama Tunisia dan Australia juga dalam grup mereka.

Piala Dunia bisa menjadi turnamen internasional terakhir bagi gelandang Kroasia berusia 37 tahun, Luka Modric. Kroasia memimpin setelah enam menit ketika kapten veteran mereka tanpa penjagaan dalam area penalti dan mencetak gol.

Kroasia UEFA Nations League Membuat Austria Tersungkur ke Liga B

Aksi tim tamu Kroasia UEFA Nations Leagu yang impresif akhir membawa mereka keluar sebagai juara grup A. Austria takluk di hadapan pendukung sendiri dengan skor 1-3 dari Stadion Ernst-Happel pada Senin dini hari. Hal ini merupakan perolehan bagus bagi Zlatko Dalic musim ini. Tidak terpungkiri jika Zlatko Dalic sangat bangga terhadap performa anak asuhnya.

Sebelum tampil sebagai pemenang dalam laga ini, Kroasia sempat bermain imbang 1-1 dengan Austria pada babak pertama. Kala itu Kroasia memang sudah unggul terlebih dulu melalui gol yang Luka Modricciptakan  ketika pertandingan baru berjalan enam menit. Sementara Austria tidak mau tinggal diam lantaran kehilangan momentum.

Baca Juga: Lionel Messi PSG Sukes Tembus Rekor Cristiano Ronaldo

Tuan rumah lantas berhasil membuat gol penyeimbang menit ke-9 melalui aksi Christoph Baumgartner. Memasuki menit ke-69, Kroasia berhasil menggandakan kedudukan menjadi 1-2. Kala itu Marko Livaja masuk menggantikan Ante Budimir, tak lama ia berhasil mencetak gol. Livaja memanfaatkan umpan dari Ivan Perisik.

Berkat hasil tesebut para pemain Kroasia semakin bersemangat ingin meraih kemenangan dalam laga tandang terakhir. Tentu saja mereka tak ingin melepaskan skor secara mudah bagi tuan rumah. Dejan Lovren menjadi penutup kemenangan Kroasia sekaligus membuat pergerakan Austria semakin sulit.

Baca Juga: Denmark UEFA Nations League, Libas Ayam Jago Prancis

Setelah berhasil unggul 1-2 atas Austria, Kroasia semakin nyaman mengelola permainan dan tampil penuh percaya diri. Kala itu Dejan Lovren berhasil memperbesar keunggulan Kroasia menjadi 1-3 dan memastikan kemenangan dalam laga terakhirnya. Hasil positif ini membawa Kroasia duduk sebagai puncak klasemen Fase Grup A Nations League. Mereka menorehkan poin sebanyak 13 dari 6 pertandingan.

Luka Modric bersama kawan-kawannya berhak melanjutkan langkah mereka ke babak semifinal atau final Nations League 2022-2023. Sementara itu Austria yang menelan kekalahan harus menempati posisi terbawah fase grup A dengan perolehan empat poin dari 6 pertandingan.

Kroasia Menang Atas Pertandingan Sulit Tak Terlupakan

Menurut Kroasia pertandingan ini merupakan laga yang sangat sulit. Dalam pertemuan Austria berhasil membuat pasukan Vatreni merasa kesulitan melancarkan permainan terbaik. Namun pada akhirnya, kemenangan memang pantas Kroasia dapatkan.

Luka Modric, kapten Kroasia merasa sangat senang karena bisa melaju ke putaran final Nations League. Secara statistika skuad Kroasia sangat mendominasi penguasaan bola. Meskipun tidak unggul dalam tembakan ke arah gawang. Namun setidaknya setiap tembakan yang mereka lepaskan mampu membuat kiper Austria tak bisa menahan bola tersebut.

Kala itu pasukan Vatreni berhasil menguasai bola sebanyak 54% dan sukses melepaskan 5 tendangan ke arah gawang dari 10 percobaan. Sementara Austria hanya mampu menguasai bola sebanyak 46% dan berhasil melepas 6 tembakan dari 18 percobaan. Hasil tersebut tentu menjadi modal utama bagi Kroasia.

Mereka percaya diri dapat membangkitkan semangat untuk para pemain, serta memberikan rasa kepercayaan tersendiri dalam mempertahankan konsistensi permainan terbai. Mengingat Kroasia akan berhadapan dengan Arab Saudi, pada 17 November 2022, dalam menjalani laga persahabatan yang sudah masuk bagian agenda FIFA.

Aksi Luka Modric dan Ivan Perisic Ibarat Mimpi Buruk Austria

Pergerakan Luka Modric berserta Ivan Perisic laga ini sangat merepotkan jantung pertahanan Austria. Terlebih gelandang Real Madrid itu berhasil mencetak gol di babak pertama, sekaligus membuka jalan atas kemenangan Kroasia.

Meskipun Ivan Perisic tidak mencetak gol dalam pertandingan tersebut, tetapi gelandang serang Tottenham itu berhasil menciptakan assist. Perisic merupakan pemain yang bisa terbilang mengambil andil dalam kemenangan Kroasia.

Meskipun Austria tidak bisa melaju ke putaran final Nations League. Namun setidaknya tim asuhan Ralf Rangnick telah memberikan perlawanan terhadap lawan-lawannya. Selain itu Austria bukan lawan yang mudah langsung siapapun kalahkan. Hanya saja banyak yang harus mereka perbaiki, mulai dari menjaga lini pertahanan maupun membangun serangan.

Melihat komposisi pemain, Austria sudah dilengkapi pemain bagus yang cukup bersinar dalam kalangan Eropa, seperti David Alaba dan Sabitzer. Hanya saja pasukan Ralf Rangnick gagal mengoptimalkan sejumlah keuntungan pada laga terakhir.***